Thursday 17 October 2013

Cikal Bakal Pipa HDPE Wavin

Johan Keller, Pendiri Wavin (Foto:Ist)

Sejarah Wavin sebagai salah satu perusahaan pipa air minum berkualitas di dunia, berawal pada tahun 1950 di Zwolle, di Belanda. Saat itu, Johan Keller yang seorang direktur WMO, utilitas air setempat, sangat membutuhkan sistem saluran pipa ramah lingkungan dan awet dalam penggunaan, salah satunya pipa hdpe

Saat itu Keller, dan perusahaan air minum setempat sangat terbiasa dengan jenis pipa besi. Meski efektif untuk saluran air minum dan karakternya lebih kuat, namun dalam hal hambatan, penggunaan material ini juga tak kalah berisiko. Karena dalam penggunaan kurun waktu tertentu, masalah karat adalah hal yang tak bisa dihindari.

Bagi Keller dan tim, hal ini tentu bukan permasalahan yang sederhana. Pasalnya, karat yang berujung pada kebocoran, sering berdampak pada peningkatkan kerugian yang signifikan bagi perusahaan. Hal ini yang kemudian membuat Keller berpikir untuk menggunakan jenis pipa lain yang lebih bersahabat dan yang pasti tidak bisa berkarat.

Pilihan kemudian jatuh pada jenis pipa plastik. Hanya saja, pada tahun 1950, mencari jenis pipa ini untuk kebutuhan air minum adalah hal yang mustahil. Ide untuk bereksperimen kemudian muncul dari Keller. Memanfaatkan sebuah bengkel sederhana di Zwolle, Belanda, ia kemudian berusaha menciptakan sebuah produk pipa plastik yang bisa digunakan untuk saluran air minum.

Keinginan Keller kemudian terwujud pada tahun 1953, ia dan tim berhasil menciptakan produk pipa dengan material anti karat namun dapat digunakan untuk kebutuhan saluran air minum. Dalam produk pertamanya, Keller berhasil menciptakan purwarupa produk pipa dengan diameter lebih dari 100 mm.

Penemuan ini kemudian dirasakan sangat berguna bagi pengembangan saluran perairan di kawasan tempat Keller bertugas. Tak hanya itu, kualitas dan kegunaannya yang optimal, membuat produk ini kemudian dipesan untuk beragam kebutuhan perairan secara nasional dan internasional.

Karena banyaknya permintaan dan peningkatan produksi pipa, pada Agustus 1955, WMO menciptakan sebuah perusahaan pipa yang fokus pada produksi pipa. Dan pada saat itu, produksi pipa Wavin dimulai dengan 52 karyawan didalamnya.
Bersambung ...

No comments:

Post a Comment