Wednesday 9 October 2013

Jalur-jalur Pipa Terpanjang di Dunia




Saat orang Indonesia kebingungan dalam konversi minyak ke tabung gas, di beberapa negara di dunia kebutuhan gas diaplikasikan dalam sebuah saluran khusus yang terhubung dengan pipa. Yang unik, jalur pipa khusus ini sengaja dipasang dengan jarak yang sangat pangjang, berikut jalur pipa gas terpanjang diantaranya.
  1. Jalur pipa terpanjang pertama terletak di Rusia. Jalur pipa gas ini dibangun di kawasan Nord Stream ini terpasang sangat jauh, hingga sampai Jerman. Secara keseluruhan, panjang lintasan jalur pipa gas ini mencapai 1221 Km.
  2. Tak mau kalah, jalur pipa gas terpanjang didunia juga terdapat di Amerika. Pipa Northern Border, ini terpasang dalam jarak yang sangat panjang, sampai menghubungkan negara bagian Chicago di Amerika Serikat, dengan Kanada. Secara keseluruhan, panjang jalur pipa ini mencapai 2.238 km.
  3. Di Italia juga ada jalur pipa gas terpanjang di dunia. Jenis pipa Trans-Mediterania ini memiliki jalur hingga mencapai 2.591 kilometer. Panjang jalur pipa gas ini menghubungkan negara Algeria dengan Italia.
  4. Kembali di Amerika, jalur pipa gas terpanjang di dunia lain adalah jenis pipa Transcontinental. Pipa gas ini berfungsi mengalirkan gas alam Gulf of Mexico, Texas hingga ke New York. Panjang keseluruhan pipa tercatat 2.689 kilometer.
  5. Amerika seakan menjadi negara dengan beragam jalur pipa gas terpanjang di dunia. Kali ini daftar jalur pipa gas terpanjang didunia dimiliki oleh Pipa Rockies Express (REX). Jalur pipa ini  memiliki panjang 2.700 kilometer, yang menghubungkan Colorado hingga Ohio Amerika Serikat. Panjang jalur ini dipastikan akan bertambah mengingat rencana perusahaan yang akan memperpanjang jalur hingga New Jersey dan Texas.

No comments:

Post a Comment