Tuesday 1 December 2015

Menghitung Berat Pipa HDPE Untuk Kebutuhan Ekspedisi


Pipa HDPESalah satu elemen penting dalam setiap proyek pipa HDPE adalah mengetahui Berat Pipa HDPE. Kenapa penting, karena hal ini akan berkaitan dengan estimasi biaya pengiriman yang akan Anda keluarkan.

Pada dasarnya pipa HDPE diproduksi dengan tujuan mengganti kebutuhan pipa besi. Hanya saja, Berat Pipa HDPE didesain lebih ringan dibanding pipa besi. Meski lebih ringan dalam hal produksi, namun hal ini biasanya tak akan berpengaruh besar pada kualitas produk. Yang dalam hal ini, Pipa HDPE bisa digunakan dengan masa penggunaan hingga 50 tahun.

Pada dasarnya, Berat Pipa HDPE, bervariasi. Hal ini berkaitan dengan diameter, ketebalan (Tingkat pressure Nominal) dan panjang pipa. Umumnya untuk jenis pipa 2 inci ke atas akan berbentuk batangan 6 meteran. Sementara untuk berat pipa 4 inci ke bawah juga tersedia dalam bentuk roll, mulai dari 50, 100 hingga 250 meteran.

Standarnya pipa HDPE diproduksi dengan berat sama, karena mengacu pada kualitas SNI yang telah ditentukan. Untuk itu, berikut tabel dimensi pipa, yang mungkin akan berguna bagi Anda untuk estimasi pengiriman.



3 comments:

  1. Kalau angka SDR 11 (PN 16) itu maksudnya angka apa ya Oom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PN = Pressure Nominal atau tingkat tekanan pipa bisa hingga 16 Kg/cm2 atau biasanya orang menyebut tekanan 16 bar

      Delete
  2. Kalau boleh tau ambilnya ini dari mana om? SNI berapa?

    ReplyDelete