Tuesday 22 October 2013

Mengenal Istilah Sambungan Pipa HDPE


Apa jadinya pipa tanpa sambungan, jelas hal ini tak bisa terpakai mengingat produksi pipa dengan diameter tertentu hanya dibuat tak kurang dari 10 M. Pentingnya sebuah sambungan juga sangat berpengaruh pada kualitas saluran. Karena jika diabaikan, tentu hal ini berisiko tinggi mengakibatkan kebocoran, begitu pula yang terjadi pada jenis pipa HDPE, pipa dengan kualitas terbaik hingga saat ini.

Aksesoris sambungan adalah hal mutlak yang perlu kita penuhi dalam setiap instalasi pipa, dimanapun itu berada. Baik di rumah sampai proyek pertambangan. Beda jenis pipa, tentu beda pula sambungan yang diperlukan. Seperti jenis pipa PVC, tentu memerlukan jenis aksesoris fitting dengan material yang sama.

Nah, kali ini kita akan memperkenalkan beberapa jenis aksesoris pipa HDPE yang biasa digunakan untuk material pipa PE-100. Apa saja itu?

Pada dasarnya hampir setiap pipa memiliki aksesoris fitting yang sama. Beberapa diantaranya Elbow, yakni material yang digunakan untuk menyambung dua pipa dengan sudut kemiringan 45 dan 90 derajat. Ada juga Tee, adalah sambungan pertigaan yang dapat menyambung 3 pipa dengan bentuk seperti huruf “T”.
Jika Anda memerlukan sambungan untuk jenis pipa beda ukuran (Besar dan kecil), bisa jadi Reducer adalah jenis fitting yang pas. Dan sepertihalnya aksesoris ini, sambungan lain dengan metode 3 pipa biasa disambung dengan aksesoris bernama Reduced Tee.

Untuk sambungan lurus pipa HDPE, kita bisa menggunakan compression joint, dengan aksesoris bernama Male Thread Joint Equal atau Female Thread Joint Equal. Bagian ini juga dapat Anda sambung dengan aksesoris Couplet dan Clamp Saddle. 

Tak hanya memilih jenis kebutuhan aksesoris untuk instalasi agar sesuai dengan sudut ruangan, elemen terpenting dalam hal ini adalah pemetaan. Karena tanpa ukuran yang pas sambungan tak akan berguna, saat diameter pipa yang digunakan tidak sama dengan diameter sambungan. Untuk itu, pastikan ukuran diameter pipa, termasuk sambungan pipa berdiameter berbeda (Reducer).

Info Seputar Produk Pipa HDPE dan Fitting  Silahkan hubungi
Adi Cahyo
Telp. : 085850444378, 03181878096
Email : adicahyorachmawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment