Wednesday 2 October 2013

Rumah Instan dari Kontainer



Produk rumah portabel yang bisa dipindah (Ist.)

Kebutuhan akan hunian yang nyaman dan mobilitas tinggi masyarakat sekarang seakan menjadi inspirasi tersendiri banyak pihak membuat produk rumah instan. Salah satunya di Portugal, memanfaatkan karakter kontainer, sebuah produk rumah instan siap dipasarkan.

Sebuah rumah instan dangan karakter sederhana dan mengedepankan kenyamanan baru-baru ini diperkenalkan oleh Studio Arte. Berbeda dengan kebanyakan hunian konvensional yang lain, rumah sederhana ini tidak menggunakan bahan semen, batu bata dan sebagainya. Melainkan menggunakan bahan peti kemas. Dikombinasi dengan sistem perpipaan ramah lingkungan, jenis rumah ini memiliki sistem sanitasi yang sangat baik.

Karena bahan peti kemas, rumah instan ini bisa dipindah tempatkan tanpa repot-repot membangun ulang.  Menurut Firma arsitektur pembuat desain rumah ini, karyanya yang kini masih berupa purwarupa ini masih perlu pengembangan lebih lanjut. Dan peruntukannya kedepan bisa menjadi alternatif bangunan rumah, kantor dan kamar hotel.

Dari segi desain, produk rumah yang rencananya segera dipasarkan ini memiliki tampilan cantik dengan kelebihan interior yang disesuaikan dengan bagian yang ada. Sehingga meski menggunakan peti kemas, produk rumah mobile ini terlihat sangat cantik. Sehingga selain dimanfaatkan sebagai contoh hunian diatas juga dapat diperuntukkan untuk resor mungil wisata, atau untuk vila berlibur.

Produk ini didesain dengan warna oranye menyala, dengan penampilan dek lebar memanjang di bagian depan. Agar terkesan lebih luas, Studio Arte menambahkan pintu kaca geser sebagai ornamen depan.
Selain sederhana dan bisa digeser, rumah ini menjawab berbagai kekurangan masalah hunian di berbagai negara. Karena selain harga rumah, harga tanah untuk rumah juga tak kalah mahal. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia saat ini.

No comments:

Post a Comment