Monday 30 September 2013

Tips Menyimpan Pipa HDPE



Meski dikenal memiliki bahan yang membuat pipa hdpe lebih tahan lama, dan berusia penggunaan diatas 50 tahun, namun dalam penanganan kita harus memperhatikan beberapa elemen penting. Dalam hal ini proses penyimpanan, karena sekecil apapun kesalahan dapat berakibat sangat fatal dikemudian hari.


Beda diameter membuat jenis pipa HDPE secara umum dibedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya jenis pipa batangan (umumnya untuk jenis pipa berdiameter besar), dan jenis pipa gulungan (Pipa berdiameter kecil).

Beda jenis pipa beda pula cara penangannannya, hal ini yang juga berlaku untuk pipa terbaik saat ini sekelas HDPE. Pada jenis pipa batangan misalnya, jenis pipa ini umumnya harus disimpan dengan benar untuk menghindari keretakan dan kerusakan yang tak diinginkan. Dalam hal ini menyimpan tersusun pada tanah. Perhatikan kerapatan agar pipa tak mudah bergerak dan bergeser.

Hal yang perlu diantisipasi lagi adalah jauhkan pipa dari benda runcing yang dapat mengancam dan menggores permukaan pipa. Agar tak jatuh kesamping, gunakan penyangga setinggi 1 meter dengan landasan kayu. Dalam posisi seperti ini, pipa dapat ditumpuk dengan model piramid hingga 1 meter (Setinggi kayu penyangga yang digunakan).

Jika disimpan diluar, jangan lupa tutup pipa, hal ini dilakukan dengan tujuan menghindarkan pipa kejatuhan benda tertentu yang kemungkinan dapat merusak permukaan pipa. 

Selain pipa batangan, antisipasi hal terburuk juga harus dilakukan dalam menyimpan jenis pipa gulungan. Jenis pipa HDPE gulungan seperti ini penyimpanannya harus dilakukan lebih intensif terlebih jika ditumpuk bersamaan dengan pipa berdiameter lebih dari 180mm maka kemungkinan rusak akan semakin besar.

No comments:

Post a Comment