Tuesday 24 September 2013

Pipa HDPE Wavin Black: Pipa Untuk Air Minum


Pipa Wavin Black HDPE

Salah satu keunggulan dari jenis pipa berbahan dasar thermoplastic High Density Polietilena adalah bahan yang aman untuk instalasi kebutuhan air bersih. Dan di Indonesia, produk dengan kelebihan dan kekurangan seperti ini sudah terdapat dalam beberapa produk pipa, salah satunya Pipa HDPE Wavin Black.
Sejak pertama kali diperkenalkan, jenis pipa ini seakan menjadi solusi dalam menjawab masalah kekeringan dan air bersih di Indonesia. Kawasan perbukitan dengan sumber mata air yang sangat terbatas membuat jenis pipa seperti Wavin Black sangat dibutuhkan.

Secara spesifikasi, jenis Pipa HDPE Wavin Black, adalah salah satu produk pipa berkualitas dengan bahan thermoplastic. Dimana bahan ini telah dikembangkan cukup lama di Eropa sebagai bahan plastik berkualitas dengan banyak kelebihan tapi minim kekurangan. Jenis bahan ini sendiri umumnya memiliki dua jenis materi bahan percabangan. Hal ini kemudian memunculkan dua jenis pipa dari bahan yang sama, yakni LDPE dan HDPE.

Dalam hal kekuatan jenis pipa HDPE pada umumnya memiliki karakteristik jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan tingkat keretakan atau Rapid Crack Propagation yang rendah. Hal ini yang kemudian membuat usia jenis pipa ini rata-rata bisa sampai 50 tahun.

Dalam aplikasinya, jenis pipa yang satu ini sering dimanfaatkan untuk distribusi air. Bahan yang ramah lingkungan, tahan terhadap bahan kimia dan teknik penyambungan dengan dipanaskan (Welding Machine) membuat pipa ini juga sering digunkan untuk kebutuhan industri pertambangan, perkebunan, pertanian.

Di Indonesia, selain digunakan untuk kebutuhan proyek, Pipa HDPE Wavin Black juga kerap dimanfaatkan untuk media penyaluran air bersih dan minum. Bahan yang lebih tahan terhadap benturan, fleksibel untuk instalasi dimanapun dan proses penyambungan tanpa bahan kimia, menjawab semua masalah kekeringan di Indonesia.

No comments:

Post a Comment