Friday 4 October 2013

Tips Menyambung Pipa PVC




Salah satu kelemahan dari jenis pipa PVC adalah pipa yang gampang bocor saat digunakan. Dalam berbagai kasus, hal ini sering terjadi pada bagian sambungan. Kurangnya pengetahuan dalam teknik pengeleman (Sambung), bisa jadi hal yang sering menyebabkan hal ini kerap terjadi.
Beberapa orang sering melakukan teknik penyambungan pipa PVC dengan cara sederhana, yakni menyiapkan pipa, kemudian merangkai (lem), satu dengan yang lain. Jika cara ini yang Anda lakukan, maka jangan harap pipa PVC Anda bisa bertahan lama saat digunakan.
Sederhana tapi perlu penanganan ekstra, hal tersebut yang dapat menggambarkan bagaimana cara menangani proses penyambungan pipa jenis PVC. Karena hal ini biasanya dilakukan hanya dengan teknik penyambungan menggunakan lem. Untuk itu, persiapan dan penanganan saat penyambungan perlu diperhatikan.
Untuk itu, sebelum melakukan teknik penyambungan, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Seperti spidol, lem khusus penyambungan lap, dan tentu saja pipa yang akan disambung. Jika perlu fitting, pastikan ukuran yang sesuai, sehingga tidak terjadi rongga, atau pipa tidak bisa dimasukkan saat proses penyambungan.
Lalu persiapan apa saja yang harus dilakukan? Pertama-tama, siapkan pipa yang akan disambung. Sebelumnya, pastikan bagian ujung bersih, baik dari cairan, pasir atau debu yang menempel. Lap dengan kain kering untuk memastikan hal ini sesuai dengan yang diharapkan. Untuk lebih sempurnanya, gunakan bahan pembersih khusus, seperti produk WavinCleaner, yang khusus digunakan untuk membersihkan pipa PVC.
Selanjutnya, pasang sambungan (simulasi tanpa lem), dan tandai sampai mana sambungan akan terjadi dengan spidol. Setelah memastikan panjang pipa yang akan dilem, Andapun bisa melakukan langkah selanjutnya, yakni mengolesi lem pada bagian sambungan. Untuk memastikan hal ini Anda lakukan dengan sempurna, gunakan beberapa produk lem berkualitas seperti Wavin Tropical Glue.
Setelah bagian diberi lem, barulah pipa bisa disambung satu dengan yang lain, baik antar pipa atau dengan fitting sesuai dengan kebutuhan. Setelah memastikan pipa merekat satu dengan yang lain, lap bagian terdekat sambungan untuk memastikan tidak ada bekas lem yang menempel. Pipa pun bisa digunakan, dan jika langkah diatas Anda ikuti dengan benar, maka usia penggunaan pipa pvc Anda tak mustahil bisa berumur lama.

No comments:

Post a Comment