Thursday 10 October 2013

3 Cara Sambung Pipa HDPE




Sudah bukan jadi rahasia, selain material dalam pembuatannya, pipa HDPE juga dikenal dengan teknik sambungan yang sempurna. Hal ini yang membuat risiko kebocoran pada sambungan pipa jenis ini sangat kecil.
Sambungan pada dasarnya salah satu hal menonjol pada jenis pipa pe. Karena berbeda dengan cara konvensional, cara ini sepenuhnya dilakukan dengan teknik pemanasan atau menggunakan aksesoris fitting. Sehingga bagian ini lebih aman, terutama untuk keperluan penyaluran air bersih dan minum.
Tak hanya itu, berkat cara ini, bagian sambungan pada pipa hdpe memiliki karakter sangat kuat, bahkan jika dibandingkan dengan karakter pipa sendiri. Nah, rahasia dibalik ini semua adalah teknik penyambungan yang sangat berbeda dengan cara konvensional (Dengan menggunakan lem).
Pada dasarnya dalam hal teknik penyambungan pipa hdpe dikenal 3 cara. Yakni Mechanical Joint, Butt Fusion dan electro Fusion. Seperti halnya keperluan, besar diameter pipa dan alat yang digunakan, ketiganya dilakukan dengan teknik mekanik dan pemanasan.
Cara pertama adalah dengan Mechanical Joint. Cara ini dilakukan dengan bantuan aksesoris fitting, seperti Coupler, Elbow, Reducer dan sebagainya. Cara ini umumnya dilakukan dengan pengencangan ulir dan digunakan untuk produk berdiameter 20 mm sampai dengan 63 mm.
Teknik sambung kedua adalah Butt Fusion. Secara umum, teknik ini dilakukan dengan cara pemanasan. Dimana ujung dua pipa yang akan disambung akan dipanaskan hingga meleleh, lalu disambung. Teknik ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya persenyawaan yang sempurna membuat bagian sambungan tak akan terlihat. Cara ini biasanya menggunakan sebuah alat khusus bernama Welding Machine.
Cara sambung terakhir adalah tekni electro Fusion. Hampir sama dengan cara kedua, dalam teknik ini pada dasarnya dilakukan dengan cara pemanasan, hanya saja dilakukan secara elektrik. Caranya pipa disambung dengan electro fitting, dan dialiri listrik sampai persenyawaan terjadi dengan sempurna.

No comments:

Post a Comment