Saturday 19 October 2013

Tips Instalasi Pompa Air yang Baik




Disadari atau tidak, kebutuhan air bersih di rumah sangat dibutuhkan ketimbang kebutuhan listrik. Karena dengan sistem distribusi pipa air yang baik, kebutuhan minum, memasak dan mandi akan lancar, dan tak bisa dipungkiri, hal ini sering berguna ketimbang aliran listrik.

Pada dasarnya, untuk memastikan aliran berjalan sesuai dengan yang diharapkan adalah sumber energi listrik yang stabil. Untuk itu, gunakan stabilizer untuk memastikan pasokan listrik stabil. Selain itu, dalam hal penempatan, jauhkan pompa dari panas terik matahari, hujan dan genangan air. Seperti benda elektrik yang lain, panas sangat mudah dihasilkan saat mesin dijalankan. Untuk itu, pastikan sirkulasi udara di sekitar pompa berjalan lancar.

Untuk mempermudah dalam hal renovasi (Saat terjadi kendala), tempatkan pompa di tempat yang mudah dijangkau. Hal ini akan memangkas biaya pemeliharaan pompa, dengan tidak melakukan pembongkaran di kawasan sekitar pompa.

Untuk mengurangi risiko kebocoran, jangan gunakan banyak sambungan. Buatlah jalur yang efektif, dengan didominasi jalur lurus. Cara ini juga akan meminimalkan masalah hambatan yang terjadi pada saluran air. Untuk mengurangi dan mencegah tekanan berlebihan dari mesin, Anda juga dapat memasang klem pada bagian sambungan pipa.

Dekatkan pompa dengan dasar, dalam hal ini letakkan 30 cm pompa di dalam sumber mata air, dan masukkan selang hingga posisi terendam air. Perhatikan tekanan presure air. Dalam hal ini jika tekanan 1.1 ~ 1.8 kgf/cm2, hal ini berarti setara dengan 11 meter. Jadi, jarak vertikal antara pompa dan toran tidak boleh lebih dari 11 meter.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah sambungan dan pipa. Dalam hal ini, pasang instalasi dengan bernar, sehingga tidak terjadi kebocoran baik pada bagian hisap sampai dorong. Hal ini akan mengoptimalkan aliran air sesuai dengan yang diharapkan. Untuk menghindari kejutan listrik yang bisa mengakibatkan kecelakaan fatal, pasang kawat arde untuk mengatasinya.

No comments:

Post a Comment