Thursday 3 October 2013

Tips Mengukur Tekanan Pada Pipa HDPE




Dalam pengukuran kekuatan tekanan pipa HDPE, beberapa orang, kontraktor dan pengusaha pipa sering menggunakan teknik tertentu. Dalam hal ini, menggunakan sebuah teknik bernama rumus SDR, atau lebih dikenal dengan istilah Standard Dimensional Ratio. 

Tekanan sering menjadi dasar dalam instalasi pipa, khususnya jenis pipa hdpe. Karena tanpa keterangan yang pasti, maka sistem penyaluran dipastikan tidak berjalan seperti yang diharapkan. Pipa menjadi tak bisa tahan lebih lama, dan beberapa keran justru tidak teraliri karena terbuang terlebih dahulu di keran yang lain.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara untuk menentukan jenis pipa yang sesuai. Salah satunya dengan rumus standard Dimensional Ratio (SDR). Teknik hitung ini juga dikenal dengan istilah rasiodimensi standar. Rumus ini dihitung dengan melihat diameter pipa, ketebalan dinding dan tekanan nominal pada pipa.

Untuk mendapat angka SDR sangat mudah. Karena kita hanya melihat diameter luar pipa dan ketebalannya. DE atau (Diameter luar nominal pipa) dibagi dengan “e” atau tebal dinding pipa. Cara lain untuk mendapatkan ukuran SDR adalah dengan mengkali dua Seri pipa kemudian ditambah dengan 1 (Satu). Atau untuk mengukur S (Seri pipa), Anda bisa menggunakan rumus Design stress dibagi dengan PN.

Penanganan instalasi pipa yang baik tak hanya melihat dan menggunakan material pipa, atau desain yang baik. Karena beberapa faktor pendukung, salah satunya memperhatikan tekanan saluran juga mutlak diperlukan. Hal ini terutama dilakukan untuk memastikan saluran berjalan normal, dan efisiensi zat disalurkan jauh lebih baik.

1 comment:

  1. Jual Mesin Penyambung Pipa Hdpe.( Butt Fusion & Elektrofusion ) juga tersedia Acessories Fitting PE.untuk Imfo Hub: 081318186564

    ReplyDelete