Thursday 17 October 2013

Lebih Hemat Dengan Pipa HDPE



Etilena, adalah bahan mentah yang diolah menjadi material istimewa dalam membuat beberapa produk plastik spesial dengan karakter kuat. Bahan ini terbuat dari minyak mentah dan gas alam. Dibuat dengan suhu dan proses tertentu, bahan ini kemudian dikembangkan menjadi bahan Polyethylene, yang tak lain menjadi bahan baku pipa hdpe

Dalam hal bahan baku, sifat material Polyethylene, terlebih setelah dikembangkan menjadi High-Density Polyethylene umumnya memiliki sifat istimewa. Diantaranya membuat barang lebih kuat, tahan lama, dan fleksibel. Untuk keperluan bahan pembuatan pipa, bahan ini tentu saja bebas korosi, dan bisa digunakan untuk media penyalur air minum. Selain itu, bahan ini biasanya memiliki sifat resisten terhadap bahan kimia.

Dalam hal aplikasi didalam tanah, umumnya jenis pipa berbahan dasar HDPE lebih tahan lama dibanding dengan jenis yang lain. Sehingga aplikasinya dapat digunakan hingga 100 tahun. Memiliki tekstur yang halus, bahan ini membuat zat yang dialirkan susah berhenti dan mengendap. Sehingga tidak gampang rusak karena bocor.

Untuk keperluan perpipaan di Eropa dan Amerika, produk pipa jenis PE-100 ini menjadi standar baku yang sering digunakan untuk berbagai proyek. Instalasi yang mudah karena beratnya yang ringan, dan cara sambung yang sederhana menggunakan alat khusus (Weleding Machine). 

Dalam penggunaannya, pipa PE biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti saluran air minum, air limbah, dan bahan kimia. Jenis pipa ini juga dapat digunakan untuk saluran limbah berbahaya dan gas bertekanan. Minim korosi, bahan yang kokoh dan teknik sambung yang istimewa (Dengan cara pemanasan), membuat pipa jenis ini tak mudah rusak dan bocor.

Selain digunakan untuk bahan pipa, Etilena adalah bahan yang juga digunakan untuk berbagai macam perabotan rumah tangga. Seperti kantong plastik, bahan ini membuat kantong tak mudah jebol, lebih kuat menahan beban dan yang pasti tipis dan ringan.

Beberapa bahan lain juga sering menggunakan bahan ini, seperti produk botol plastik untuk menyimpan air minum. Bahan ini membuat bahan didalam botol aman dan tidak mudah tercemar bahan kimia diluar botol.

No comments:

Post a Comment