Wednesday 25 September 2013

Pipa PPR Untuk Instalasi Saluran Air Panas



Kualitas instalasi air terletak dari pemilihan jenis pipa yang berkualitas (Foto: Ist)
Memiliki saluran air panas sendiri di rumah bisa jadi hal yang menyenangkan. Karena setelah lelah bekerja, terapi dengan air panas akan memberi efek relaksasi yang optimal. Sayangnya, dalam hal instalasi, hal ini memerlukan beberapa persiapan dan penggunaan material yang tepat guna. Dalam hal ini seperti penggunaan pipa yang salah, hanya akan mendatangkan permasalahan dikemudian hari. 


Berbeda dengan sistem penyaluran air biasa, untuk kebutuhan air panas, tak semua pipa bisa digunakan. Terlebih jika melihat meterial air panas yang susah bersahabat dengan beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk pipa, terutama dari jenis pipa pvc.

Solusi awal untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan jenis pipa besi. Sayannya, mudahnya bahan ini berkarat, membuat bahan ini juga tak menjawab permasalahan yang ada. Belum lagi permasalah teknis lain yang kemungkinanan akan membuat Anda semakin pusing dikemudian hari.

Tak ingin mengalami hal seperti ini, Anda mungkin bisa menggunakan beberapa jenis pipa dengan bahan dasar Polypropylene, atau lebih tepatnya berbahan dasar Polypropylene Random (PPR). Dibanding jenis bahan pipa yang lain, jenis material ini memiliki kelebihan, terutama jika diaplikasikan dalam instalasi penyaluran jenis air panas.

Dalam hal kekuatan, jenis pipa PPR memiliki ketahanan yang bagus, sehingga tahan terhadap setiap benturan yang terjadi di bagian luar. Bahan ini juga dapat meredam suara dari Water Hammer, sekaligus mencegah bahan kimia mencemari air didalamnya.

Untuk air panas, jenis pipa ini memiliki sifat rambat panas yang baik. Sehingga pipa ini mampu meredam suhu tinggi saat bekerja. Dengan menggunakan teknik persambungan pemanasan Heat fusion, membuat pipa tidak mencemari air dengan bahan kimia berbahaya. Dan teknik ini dikenal membuat sambungan lebih kuat, sehingga pipa tidak gampang bocor (terutama pada bagian sambungan).

Banyak jenis pipa yang ditawarkan pasar dengan bahan baku PPR, salah satunya produk Wavin Tigris Green. Jenis pipa PPR ini sangat baik dalam mengatasi setiap permasalah instalasi air panas. Dan disediakan dalam berbagai macam varian, mulai diamter 1/2" - 6".

No comments:

Post a Comment