Friday 20 September 2013

Pipa HDPE Cocok di Segala Medan



Kontur perbukitan sampai instalasi di kawasan terbatas dengan kebutuhan pipa elastis yang kuat, membuat pipanisasi bukan perkara mudah. Terlebih jika kita berbicara jenis pipa yang digunakan. Salah pilih pipa, akan membuat kita menyesal di kemudian.

Seperti kawasan negara tropis yang lain, Indonesia memiliki kontur perbukitan dan cuaca terik yang khas. Meski beberapa daerah memiliki stock air bersih yang berlimpah, tapi di beberapa daerah lain, hal ini sering terjadi kebalikan. Daerah yang kering dan sumber mata air yang jauh dan sedikit membuat pipanisasi sangat dibutuhkan dalam pemenuhan sumber air bersih.

Sebelumnya, beberapa jenis pipa digunakan sebagai proyek pipanisasi air bersih. Mulai dari jenis PVC sampai jenis pipa besi. Namun, kendala kontur perbukitan, cuaca dan segalanya di Indonesia, membuat hal ini sering menghadapi kendala di tengah jalan.

Beberapa teknik sering digunakan dalam mengatasi hal yang satu ini, tapi tetap saja kualitas pipa tak bisa menandingi beberapa masalah diatas. Sehingga, penggunaanya sering tidak sesuai dengan seperti yang diharapkan, dan instalasi baru harus segera dilakukan. Hal ini yang pada akhirnya membuat pembangunan daerah tersendat.

Sejak diperkenalkan, pipa pe pada dasarnya menjawab beberapa kekurangan dan kendala di atas. Dan penggunaannya sangat cocok jika diterapkan di berbagai tempat, tak terkecuali di Indonesia. Cuaca panas yang menyengat misalnya, faktor ini tidak merusak jenis pipa berbahan dasar pipa istimewa yang satu ini.
Sementara kontur perbukitan juga tak membuat pipa HDPE susah dalam proses instalasi. Karena selain lentur, pipa jenis ini umumnya memiliki kekuatan yang unggul diatas jenis pipa plastik kebanyakan. 

Kekuatannya dan bahannya yang tak mudah rusak bahkan membuat jenis pipa ini lebih baik dari pipa besi.
Kembali ke kontur Indonesia yang terdiri dari perbukitan, juga tak menjadi permasalahan bagi jenis pipa jenis ini. Karena kelenturannya, membuat jenis pipa HDPE mudah dipasang dimana saja. Diatas guung, kawasan perkotaan bahkan ditanam di dalam laut, pipa jenis ini memiliki tingkat kekuatan yang baik ketimbang jenis yang lain.

No comments:

Post a Comment