Tuesday 3 December 2013

Rumah Bocor? Jangan Dulu Salahkan Pipa PVC Anda




Musim hujan datang, dan perubahan musim sering berdampak munculnya permasalahan kebocoran. Jika hal ini terjadi di atap rumah, jangan terburu menyalahkan pipa PVC anda. Karena bisa jadi beberapa permasalahan di bawah penyebabnya.

Kebocoran yang ada dirumah tak selalu disebabkan karena instalasi pipa, atau bahan pipa itu sendiri (rusak). Karena proses instalasi elemen lain, juga bisa jadi faktor utama penyebab hal ini terjadi di rumah Anda. Jadi sebelum berprasangka buruk dengan pipa, ada baiknya Anda perhatikan beberapa kendala yang sering menyebabkan kebocoran di rumah, berikut diantaranya.

  • Proses instalasi genteng yang salah. Sering berakibat kebocoran tapi juga sering dilalaikan banyak orang. Hal ini yang sering terjadi pada saat kita membangun instalasi atap dengan tingkat kemiringan yang salah. Dalam hal ini idealnya genteng dipasang dengan tingkat kemiringan 30°-40°. Karena dengan tingkat kemiringan yang tepat, kemungkinan air langsung jatuh ke tanah semakin besar. Hal ini membuat kemungkinan air tertahan di genteng semakin kecil. Dan hal ini jika kurang diperhatikan dapat meningkatkan risiko kebocoran.
  • Minimalkan sambungan pada Pipa PVC dan genteng. Cara ini biasanya sering digunakan untuk mengantisipasi kebocoran terjadi. Tapi dalam jangka waktu beberapa tahun, cara ini justru memberi ruang tersendiri, karena bahan yang rusak terpapar sinag UV dan sebagainya. Hal ini yang pada akhirnya menyebabkan kebocoran terjadi di dalam rumah. Untuk mencegah hal ini terjadi, minimalkan penggunaan sambungan, dengan menata genteng berjarak optimal.
  • Pemasangan genteng yang kurang benar. Pada dasarnya, kebocoran atap sering terjadi karena adanya lubang yang menganga. Dan fungsi atap (Genteng), adalah menahan aliran air dari hujan untuk dialirkan di tanah. Dan jika hal ini berlubang, secara otomatis air akan jatuh dan terjadi kebocoran di dalam rumah secara otomatis.
  • Tak hanya genteng, pastikan bagian ini juga tak berlubang. Dalam beberapa kasus, instalasi atap genteng sering dilakukan dengan beberapa lapisan, diantaranya dengan menggunakan karpet talang. Hal ini sering mengakibatkan kebocoran, meski proses instalasi genteng telah dilakukan dengan baik dan benar.
  • yang terakhir dan harus dilakukan untuk menghindari banjir didalam rumah karena kebocoran adalah asesoris lain penutup celah. Selain karpet talang, lapisi beberapa bagian yang berisiko memberi celah dengan bahan khhusus berkualitas. Dalam hal ini menggunakan produk waterprove yang  baik dan bekerja dengan benar sebagai penutup celah. Untuk memastikan hal ini bekerja dengan baik dan benar, ganti bahan secara periodik, dan pastikan hal ini terpasang dengan sempurna.

Kualitas atap kadang tak bisa diukur dengan kualitas pipa yang digunakan. Bahkan jika Anda menggunakan jenis pipa HDPE sekalipun, jika faktor penunjang lain kurang diperhatikan, maka bukan mustahil kebocoran akan kerap terjadi. Membuat rumah menjadi kurang nyaman terutama pada saat hujan tiba.

No comments:

Post a Comment