Thursday 9 January 2014

Kenapa Tekanan Pipa HDPE Saya Tidak Sesuai?

Pipa HDPE

Kebocoran karena tekanan yang terlalu besar pipa HDPE adalah hal wajar yang  sering terjadi karena ketidak jelian kita menggunakan pipa untuk proses instalasi. Tapi apa jadinya jika kita sudah benar memilih pipa dengan PN tertentu sesuai dengan tekanan, tapi tetap saja rusak? Faktor apa yang sering tertinggal di kita saat melakuakan instalasi? Jika hal ini sering terjadi pada Anda, bisa jadi berikut alasannya.

Sebagai pipa untuk saluran air bertekanan, variasi kebutuhan pipa sering didasarkan atas beberapa karakter, salah satunya satuan PN. Standar ini biasanya berlaku satu hitungan untuk ketentuan standar nasional (Indonesia) atau internasional.

Lalu, apakah satuan tekanan ini bisa salah, mengingat kejadian diatas bisa saja terjadi? Atau apakah ada kesalahan dari cara pemasangan yang membuat instalasi pipa bekerja tidak sesuai dengan harapan?
Pada dasarnya banyak elemen yang sering berpengaruh dalam hal proses instalai pipa HDPE. Selain pemilihan aksesoris yang tepat, sistem pemasangan yang baik dan teknik sambung yang benar, faktor lain diluar hal tersebut adalah lingkungan. Dalam hal ini suhu udara, karena instalasi sering berbeda jika dilakukan di beberapa jenis suhu.

Seperti halnya pipa yang lain, suhu sering berpengaruh pada kondisi pipa saat digunakan sebagai media saluran. Karena hal ini bisa berarti, perubahan suhu bisa berpengaruh pada kualitas pipa, meski secara fisik (dari luar), kondisi pipa tampak baik-baik saja, alias tidak terjadi perubahan yang signifikan.

Pada dasarnya, pipa dengan bahan baku polietilen berdensitas tinggi ini diproduksi untuk kondisi ekstrem. Dimana jenis ini mampu bertahan di lingkungan beku sampai kawasan dengan suhu sampai 70°C. Material yang baik, seakan menjamin pipa tak mudah rusak, jika digunakan sesuai saran , atau sesuai dengan tekanan atau PN (Pressure Nominal) yang digunakan.


Karena peningkatan suhu biasanya akan berdampak pada penurunan kualitas karakter PN sebuah pipa. Ini artinya, kekuatan tekanan pipa HDPE akan berkurang seiring peningkatan suhu lingkungan sekitar.

No comments:

Post a Comment