Thursday 14 November 2013

Alasan Pindah dari Pipa PVC ke Pipa HDPE



pipa hdpe
Sejak lama, pipa PVC telah menjadi pilihan konvensional saluran perpipaan untuk berbagai kebutuhan saluran air ringan. Sayangnya, berbagai kendala, membuat pipa jenis ini kalah bersaing dengan pipa termo plastik berdensitas tinggi, jenis PE-100, berikut alasannya.

Jika kita browser di google, banyak artikel yang telah menjelaskan bagaimana keistimewaan dan popularitas jenis pipa PE mengalahkan jenis pipa yang lain. Bahkan karakter pipa besi yang dulu diakui paling kuat, kini tak berlaku lagi untuk saat ini. Karat, yang menjadi masalah utama pipa besi membuat pipa termo plastik lebih populer.

Kepopuleran pipa HDPE tak bisa lepas dari karakternya yang mampu membawa kebaikan pipa pvc dan pipa besi menjadi satu. Sehingga aplikasinya multi fungsi dan dapat digunakan untuk berbagai proyek, dari rumah tangga, industri, komersial sampai tingkat pertambangan.

Biasa dikenal dengan istilah hdpe pipe, pipa jenis ini telah dikembangkan sejak era tahun 80an. Meski awalnya hanya berjenis termo plastik biasa, tapi dalam perkembangannya, bahan baku HDPE berhasil dikembangkan menjadi material yang kuat, dengan tingkat keretakkan rendah namun memiliki tingkat kelenturan sangat tinggi.

Hal ini selain membuat pipa lebih kuat terhadap benturan dan lebih tahan terhadap pengaruh cuaca. Baik dingin maupun panas, pipa jenis polyethylene lebih tahan, setidaknya hingga cuaca terik statis 70° C setiap hari.

Dalam hal aplikasi, pipa PE sangat fleksibel dipasang dimana saja. Dalam hal ini, ruangan sempit sampai medan berbatu bahkan dibawah air (Sungai dan laut), tak lagi ada masalah. Selain lentur, aneka fitting dan teknik penyambungan yang bervariatif serta efektif membuat proses penyaluran terjadi secara optimal.

Bahan yang selangkah lebih baik, juga membuat pipa mampu menjaga bahan yang dialirkan tercemar bahan berbahaya dari luar. Sehingga pipa jenis ini biasa digunakan untuk aplikasi saluran air bersih.

Kini masalah karat dan kerusakan pipa tak lagi jadi masalah berkat pipa HDPE. Meski jika dibandingkan dengan harga pipa PVC, harga pipa PE relatif mahal, tapi jika dilihat dari segi usia pemakaian,  PE-100 jelas memiliki usia penggunaan lebih lama hingga 50 tahun. Jauh lebih lama dari pipa PVC yang rata-rata memiliki usia penggunaan paling lama 10 tahu, dan pipa besi yang tak sampai 30 tahun (Rusak karena karat).

No comments:

Post a Comment