Tuesday 26 November 2013

Tips Menghindari Harga Mahal dari Supplier Pipa HDPE


Pipa HDPE
Banyaknya pembelian membuat hampir semua Supplier Pipa HDPE sering kehabisan stock. Dan sebagai konsumen, tak jarang kita sering melakukan banyak cara untuk melakukan pembelian agar proyek yang sudah dirancang berjalan tepat waktu. Dalam kondisi ini, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Kebutuhan akan material kadang datang tidak terduga. Beberapa saat material mungkin akan melimpah, sedang kebutuhan sangat minim, tapi ada kalanya kebutuhan tinggi, membuat material sangat susah dicari.
Bukan hal yang mudah dalam menentukan kebutuhan, terutama material pipa yang tepat untuk proyek saluran air, gas, limbah dan sebagainya. Karena seperti berjudi, kita tak akan mengetahui jenis pipa apa yang kita butuhkan untuk proyek kedepan.

Banyak orang lebih memilih membeli banyak material pipa dengan diameter umum, seperti diameter 4, 2 dan sebagainya. Beberapa lagi, lebih suka berburu di internet, berharap mendapat Supplier dengan stock pipa seperti yang dibutuhkan. Meski sering berdampak positif, namun keduanya sangat tidak disarankan mengingat risiko yang dapat dihasilkan.

Pertama saat stock, kita tak akan tahu sisa stock pipa hdpe tersebut akan bisa digunakan atau bermanfaat untuk proyek dalam beberapa waktu ke depan. Terlalu lama disimpan, terutama dalam kondisi yang kurang benar akan merusak kualitas barang. Sehingga saat digunakan, pipa tidak dalam kondisi prima.

Sementara jika berburu di Internet, Anda mungkin akan mendapatkan pipa yang Anda inginkan. Hanya saja, kemungkinan untuk mendapatkan material dengan harga terbaik akan sangat kecil. Sehingga Anda akan mendapat material dengan harga “relatif” mahal.

Lalu bagaimana cara mendapatkan material yang dibutuhkan dengan harga yang terbaik? Sebenarnya ada satu cara yang lebih aman, dan dijamin lebih murah. Yakni cara inden, dan mengestimasikan pelaksanaan pengadaan proyek sesuai dengan proses pengadaan material.

Jadi, saat merancang sebuah proyek, terutama yang melibatkan jenis pipa PE 100, sebaiknya waktu pembelian diberi jarak 2-3 bulan. Waktu yang aman untuk mendapatkan material terutama untuk jenis-jenis yang biasanya langka di pasaran.

Umumnya, untuk jenis pipa hdpe Wavin, waktu produksi yang diperlukan adalah sekitar 2 bulan. Waktu tersebut biasanya diambil dari yang terlama, dan kemungkinan masih lebih cepat dari estimasi tersebut. Dengan waktu tersebut, kemungkinan Anda mendapatkan material yang tepat dengan harga terbaik akan semakin besar.

No comments:

Post a Comment