Tuesday 12 November 2013

Tips Pilih Fitting Pipa HDPE



Pipa HDPE

Pemasangan saluran perpipaan tak bisa lepas dari aksesoris fitting, terutama untuk jenis pipa dengan kualitas prima seperti pipa HDPE. Hal ini yang kemudian membuat saluran bisa berbelok seperti yang diharapkan. Nah, untuk memaksimalkan rute seperti yang diinginkan, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Bukan menjadi rahasia, keberhasilan dan kualitas usia penggunaan pipa pada dasarnya tergantung pada kualitas aksesoris penunjang (Tak hanya kualitas pipa itu sendiri). Nah, selain bahan yang direkomendasikan, kadang tak sedikit orang sering mengabaikan beberapa hal kecil. Dampaknya, saat digunakan terjadi kekacauan yang membuat proses instalasi harus dilakukan lagi dan lagi.

Karena pipa HDPE adalah jenis pipa bertekanan, hal yang paling sering diabaikan adalah nilai PN (Presure Nominal). Padahal, untuk sambungan, PN sebaiknya harus sama dengan jenis pipa. Karena bagian ini jika menggunakan jenis PN lebih kecil, maka usia penggunaan dipastikan tidak akan sesuai dengan harapan. Terlebih jika Anda menggunakan pipa untuk saluran bertekanan statis (seperti Hidran).

Semantara jenis sambungan, juga harus tetap diperhatikan. Dalam hal ini jenis sambungan yang dilas umumnya lebih kuat ketimbang jenis Compression Joint. Sistem drat yang di gunakan pada sistem sambung ini, memungkinkan pipa bercelah (Terutama jika Anda lalai dalam hal memasang fitting dengan benar).

Perhatikan pula diameter fitting yang Anda butuhkan. Tak jarang, untuk mendapatkan material HDPE kita harus inden dalam beberapa hari. Tak jarang hal ini yang juga berlaku pada saat pembelian aksesoris fitting. Menentukan diameter tak kalah pentingnya dalam proses ini. Dimana sekali Anda salah memesan, bisa jadi material ini justru tak akan berguna saat diameter pipa berbeda dengan diameter fitting.

Untuk itu, membeli pipa HDPE ada baiknya Anda lakukan dengan menyertakan fitting yang diperlukan. Apakah itu untuk sambungan pipa lurus, belok, memutar atau untuk sambungan antar pipa dengan diameter berbeda, yang hal ini bisa disambung dengan aksesoris khusus bernama Reducer.

No comments:

Post a Comment