Monday 11 November 2013

Mengenal Mesin Butt Fusion Joint Pipa HDPE



Tak hanya menyambungkan pipa, tapi alat penyambung Butt Fusion Joint juga kerap digunakan untuk menyambung aksesoris untuk pipa HDPE. Seperti sambungan elbow, atau stub end untuk kebutuhan sambungan flange to flange.
Pada dasarnya menyambung pipa dengan cara seperti ini sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Asal orang tersebut tahu bagaimana cara mempersiapkannya, estimasi waktu pemanasan yang disesuaikan dengan diameter dan yang pasti paham tentang karakter dan fungsi welding machine.

Untuk itu, sebelum menggunakannya, ada baiknya jika kita memahami alat dan bagian apa saja yang ada di produk alat penyambung ini. Pertama adalah operator, disini kita dapat menggerakkan alat penyambung (Maju mundur dengan panel khusus). Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan indikator tekanan guna memonitor daya dorong agar sesuai dengan karakter pipa.

Di bagian terpisah lain, adalah alat penyambung pipa yang bisa bergerak maju mundur. Alat ini bertujuan menjepit dua pipa atau pipa dengan aksesoris fitting. Fungsinya, menata pipa dalam kondisi seperti yang diharapkan. Sehingga tersambung dengan persenyawaan yang sempurna, tanpa sedikitpun rongga pada sambungan. Sehingga kualitas sambungan memiliki kekuatan seperti karakter pipa HDPE.

Perlengkapan kedua adalah alat potong. Alat ini sangat penting dalam proses penyambungan pipa. Karena pipa dengan permukaan rata, akan memiliki kualitas sambungan yang sempurna. Bagian yang sama juga terjadi pada aksesoris yang harus dipotong (diratakan) sebelum disambung.

Selain alat pemotong dua sisi, ada juga alat pemanas yang fungsinya melelehkan material plastik pada pipa dan material yang akan disambung. Pemanasan biasanya berlangsung dalam beberapa menit, tergantung pada diameter pipa yang akan disambung. Semakin tebal diameter, biasanya akan memakan waktu agak lama.

Selain akan berkaitan satu dengan yang lain, penggunaan peralatan harus dalam kondisi prima untuk mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu, perawatan secara keseluruhan sangat diperlukan dalam hal ini.

Flange to Flange joint, atau injections molding bukan satu-satunya teknik sambungan yang bisa dilakukan pada jenis pipa HDPE. Karena jika menurut Anca cara ini sangat ribet dan sulit, karena menggunakan alat khusus, cara lain juga bisa Anda lakukan. Yakni dengan menggunakan teknik sambung Compression Joint. 

Cara ini sangat sederhana dengan komposisi drat yang bisa dipasang langsung pada pipa. Hanya saja cara ini hanya bisa dilakukan untuk pipa dengan diameter dibawah 4 inci. Selain itu, bahan tamabahan (Aksesoris) umumnya dijual dengan harga lumayan mahal setiap pieces-nya.

No comments:

Post a Comment