Monday 4 November 2013

Pilih Pipa HDPE Sesuai Kebutuhan Sambungannya


Sepertihalnya jenis pipa lain, kualitas penggunaan pipa HDPE tak bisa lepas dari proses penyambungan dan material yang berhubungan. Karena hal ini umumnya memiliki kaitan erat satu dengan yang lain, dengan harapan pipa dapat digunakan dan berumur seperti yang diharapkan.

Melihat teknik pelaksanaannya, jenis pipa PE-100 biasanya dapat disambung dengan beberapa cara. Diantaranya Butt fusion fitting (Segemnted fitting dan Mold fitting), Compression fitting, Electro fusion fitting dan Mechanical Fitting. Nah, lalu apa hubungannya dengan sambung dan efisiensi penggunaan sebuah pipa berbahan dasar polyethylene ini?

Efisien biaya dan waktu tentu saja. Karena ukuran tertentu pipa hanya bisa disambung dengan teknik tertentu. Seperti jenis teknik hdpe segmented butt fusion fitting. Teknik ini umumnya memiliki sejumlah keistimewaan, lebih ekonomis, memiliki PN sama dengan pipa, tersedia banyak di pasar dan memiliki kekuatan yang sama dengan kualitas pipa HDPE.

Jenis fitting kedua adalah injection molded hdpe fitting. Jenis penyambungan ini umumnya di buat di pabrik dengan cara dicetak. Dalam hal harga, cara ini biasanya lebih mahal, dan memiliki waktu produksi relatif lama. Dan karena harga yang relatif mahal, pabrik biasanya lebih suka mencetak material dengan ukuran paling banyak dipesan, yakni 225mm dan 75mm.

Jenis aksesoris lain yang digunakan untuk teknik penyambungan adalah compression fitting. Cara ini dilakukan dengan menggunakan bahan lain diluar HDPE. Biasanya bahan yang digunakan berbahan dasar kaku, atau paling sering digunakan bahan PP (poly Prophylene). Jenis sambungan ini biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah. Dan karena memiliki Presure Nominal rendah, teknis ini tidak disarankan digunakan untuk kebutuhan proyek bertekanan tinggi.

Seperti namanya, jenis sambungan electrofusion fitting, adalah teknik sambung dengan menggunakan aliran listrik sebesar 38,5 Volt. Teknik ini dilakukan dengan tujuan melelehkan bagian ujung pipa yang akan disambung, dan dilekatkan di pipa yang lain. Meski nama dan teknik berbeda, cara ini dilakukan dengan cara pemanasan.

Jenis sambungan yang terakhir adalah mechanical fitting. Cara ini biasanya dilakukan dengan teknik sederhana, dengan menggunakan media mur. Cara ini biasanya lebih sederhana, dan memerlukan aksesoris khusus untuk melakukannya.


Selain karakter pipa yang baik, dan bermaterial istimewa, rahasia keunggulan pipa HDPE pada dasarnya terletak pada bagian sambungan yang optimal. Teknik persenyawaan yang sempurna, membuat bagian ini merekat dengan sempurna. Sehingga kemungkinan terjadi kerusakan atau bocor akan semakin kecil.

No comments:

Post a Comment